Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan miliki Persentase Terendah Kepesertaan BPJS Kesehatan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Maret 2017 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jarak tempuh dari Kasongan, ibu kota Kabupaten Katingan ke Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, hanya sekitar 100 km. Jarak ini merupakan yang terdekat bila dibandingkan dengan tiga kabupaten lain yang mengelilingi Kota Palangka Raya.

Meski terbilang dekat, jumlah penduduk Katingan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan Cabang Kota Palangka Raya berada di urutan terendah dari tiga kabupaten lainnya.

Menurut Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palangka Raya Fitria Nurlaila Pulukadang, Rabu (15/3/2017), jumlah penduduk Katingan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan baru sekitar 28 persen. "Bandingkan dengan Kapuas yang sudah mencapai 44 persen, Pulang Pisau hampir 50 persen, dan Gunung Mas juga sudah 50 persen."

Sedangkan jumlah penduduk Kota Palangka Raya yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan mencapai 80 persen.

Menurut Fitri, pada 2016 lalu, target peserta BPJS Kesehatan di lima kawasan yang berada di bawah naungan BPJS Kesehatan Kota Palangka Raya sebanyak 65 persen.

Namun BPJS Kesehatan gagal memenuhi target itu. Tercatat jumlah peserta BPJS Kesehatan pada tahun baru mencapai 50,84 persen dari total penduduk di lima kawasan tersebut.

"Tahun ini kita target (peserta BPJS Kesehatan)  77 persen. Karena sub total tahun lalu yang 64 persen itu belum tercapai, otomatis kami targetnya jadi lebih besar," pungkas Fitria. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru