Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan Palangka Raya Bingung Cari Dana untuk Bayar Gaji Guru Honor

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Maret 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Sahdin Hasan secara blak-blakan, mengaku bahwa selama ini dana untuk membayar gaji guru honor berasal dari uang Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Hal ini ia sampaikan menyusul permintaan dari Pemerintah Provinsi Kalteng supaya Pemko Palangka Raya membantu membayar gaji guru honorer tingkat SMA atau sederajat. Padahal, kewenangan pengelolaan administrasi SMA/sederajat sudah dialihkan kepada pemprov sejak tahun lalu.

"Saya baru ya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Palangka Raya ini dan saya jujur saja bahwa gaji guru honor SMA selama ini sebelum pelimpahan itu, dibiayai dan dialokasikan menggunakan dana BOS," kata Sahdin, Kamis (16/3/2017).

Menurut dia, selama ini tidak ada anggaran khusus yang disediakan pemerintah kota untuk gaji guru honor. Hal itu lantaran memang tidak ada anggaran yang disediakan untuk membayar gaji guru honor, termasuk dari APBD.

"Sampai saat ini kota, terutama Dinas Pendidikan belum mengalokasikan dana untuk ini. Karena selama ini dana BOS lah yang dipergunakan dalam menggaji guru honor," tuturnya.

Akibatnya, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya saat ini kebingungan ke mana harus mencari dana untuk membayar gaji para guru honor.  (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru