Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Koloni Berkelompok Bisa Cegah Pencurian Ternak Sapi di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 20 Maret 2017 - 18:54 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Maraknya pencurian ternak sapi di wilayah Kabupaten Barito Utara, mendapat perhatian Dinas Pertanian. Pihak dinas menyarankan agar masyarakat melaksanakan peternakannya dengan sistem koloni berkelompok.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi menjelaskan, dengan menggunakan sistem peternakan sapi secara koloni berkelompok, maka pengawasan terhadap diternak akan lebih baik dari pada dengan cara dilepaskan agar sapi dapat mencari makanannya sendiri.

Di samping itu dengan sistem ini kotoran yang dihasilkan sapi juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk yang bernilai ekonomis, baik dipasaran ke masyarakat maupun kepada perusahaan perkebunan sawit dan juga perusahaan yang melaksakan reklamasi di daerah ini.

'Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari sistem koloni yakni dari segi keamanan, pemanfaatan hasil kotoran ternak untuk menjadi pupuk kandang, ternak dapat menjadi lebih terkontrol, lebih jinak dengan pemiliknya dan juga petugas dari dinas pertanian juga akan lebih mudah dalam memeriksa ternak,' kata Setia Budi, Senin (20/3).

Menurutnya, sejauh ini sistem koloni sudah cukup baik dijalankan oleh para kelompok tani di Barito Utara. Dengan sistem koloni berkelompok ini juga menjadikan silaturahmi antar anggota kelompok akan lebih meningkat.

'Sapi yang dilepas di lahan untuk mencari makanannya sendiri juga bisa membuat ternak tersebut mati secara sendirinya, bisa dikarenakan ternak terlilit semak belukar saat mencari makan, ataupun terjatuh ke sungai serta lainnya. Jadi dalam hal ini kami menyarakan bagi warga yang memiliki ternak sapi agar dapat melakukan peternakannya dengan sistem koloni berkelompok,' ujarnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru