Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cerita Asal Muasal Terbentuknya Danau Malawen (1)

  • Oleh Uriutu
  • 26 Maret 2017 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Danau Malawen adalah sebuah danau yang terletak di Desa Sanggu, Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menurut cerita sesepuh Desa Sanggu, Ungkin (73), danau yang di tepiannya terdapat beragam jenis anggrek ini dahulu merupakan sebuah aliran sungai yang di dalamnya hidup berbagai jenis ikan.

Namun karena terjadi peristiwa yang mengerikan, sungai itu berubah menjadi danau. Peristiwa apakah yang menyebabkan sungai itu berubah menjadi danau

Ungkin mengatakan, dahulu kala di pinggiran hutan belantara hiduplah sepasang suami isteri miskin Punta dan Kirim. Meskipun hidup mereka pas-pasan, mereka senantiasa saling menyayangi dan mencintai. Sudah berpuluh tahun mereka berumah tangga, namun belum juga dikaruniai seorang anak.

Sepasang suami-isteri tersebut sangat merindukan kehadiran seorang buah hati belaian jiwa untuk melengkapi keluarga mereka. Untuk itu, hampir setiap malam mereka berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar impian tersebut dapat menjadi kenyataan.

Ratusan bahkan beribu-ribu kali memanjatkan doa, tiba-tiba pada suatu malam, sepasang suami istri pergi beristirahat. Malam itu, si Istri bermimpi didatangi oleh seorang lelaki tua perpakaian serba putih, lalu dia berkata.

'Jika kalian menginginkan seorang keturunan, kalian harus rela pergi ke tengah hutan yang terkenal angker untuk bertapa. Namun baru saja si isteri hendak bertanya, lelaki itu keburu pergi dari dalam mimpinya,' kisah Ungkin, Minggu (26/7/2017). (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru