Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asisten II Setda Halikinnor Dinilai Layak Jadi Sekda Kotim

  • Oleh Naco
  • 27 Maret 2017 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Parimus menilai Halikinnor layak diangkat menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim, menggantikan Putu Sudarsana memasuki masa pensiun pada Juli 2017.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, Halikinnor dinilai layak lantaran punya kemampuan dan bisa mengkoordinasi semua lini. Selain itu, pengalamannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

"Kalau ditanya dengan saya siapa yang cocok tentu saya memilih Halikinnor," kata Parimus saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/3/2017).

Namun, sambung dia, penentapan Sekda ada aturannya sendiri. Hal itu tentu harus dipatuhi. Tetapi yang jelas harus sosok berkompeten. Apalagi tugas seorang Sekda adalah sebagai ketua tim anggaran eksekutif. Di sisi lain, eksekutif merupakan mitra kerja legislatif.

Untuk itu, sosok Sekda harus bisa menguasai semua bidang, khsususnya dalam mengatasi masalah anggaran. Sehingga bisa menjalankan program eksekutif dan legislatif dengan berimbang.

"Jika Sekda tidak menguasai itu tentu apa yang sudah jadi program legislatif dan eksekutif tidak berujung," ucap Parimus.

Oleh sebab itu, Parimus mengusulkan kepada Bupati Supian Hadi bila nanti menunjuk pelaksana tugas (plt) Sekda sebelum adanya lelang jabatan, hendaknya bisa dipercayakan kepada Halikinnor yang kini menduduki posisi sebagai Asisten II Setda Kotim.

Sementara itu, sejumlah nama lain juga bermunculan sebagai kandidat pengganti Putu Sudarsana. Seperti Asisten I Setda Sugian Noor, Kepala Dinas Pendidikan Suparmadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jakatan, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sanggul L Gaol. (NACO/B-3)

Berita Terbaru