Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 17 Cabang Lomba yang akan Dipertandingkan di FBIM 2017

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 April 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan mengungkapkan bahwa Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) merupakan even tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Provinsi Kalteng. Semua kabupaten/kota diharapkan ikut serta dalam gelaran tersebut.

Namun, FBIM yang biasanya digelar di Kota Palangka Raya, untuk tahun ini dipindah ke Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Ia mengatakan, ada 17 cabang yang akan dipertunjukkan dan dilombakan pada FBIM, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebanyak 17 cabang tersebut meliputi karnaval budaya, lawang sakepeng, maneweng, manetek dan manyila kayu, manyipet, panginan tradisional, fotograf, jukung tradisional, besei kambe, jukung hias, tari daerah, balogo, habayang, lagu daerah, karungut, malamang, mangenta, mangaruhi, sepak sawut, dan terakhir pemilihan putra putri pariwisata.

'Lomba itu akan digelar dalam rangkaian FBIM 2017 yang berlangsung 19-22 Mei 2017 di Sampit. Cabang lomba dalam FBIM ini adalah lomba berupa atraksi seni budaya dan pertunjukan khas adat Dayak Kalteng yang perlu dilestarikan, agar tidak punah tergerus oleh modernitas zaman, dan akan diikuti 14 kabupaten/kota yang ada,' tutur kepada Borneonews, Senin (3/4/2017). (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru