Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar Kembangkan Kolam Beje untuk Lestarikan Ikan Endemik

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 06 April 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat akan mengembangkan kolam beje (kolam perangkap ikan) di beberapa desa dan kelurahan.

Hal ini mengingat perairan Kobar memiliki keanekaragaman sumber daya perikanan yang sangat tinggi. Potensi ini dinilai Dinas Perikanan Kobar perlu dikelola dan dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat dengan menerapkan prinsip konservasi.

Pembuatan beje juga untuk menjaga kelestarian berbagai jenis ikan endemik. Beje juga bermanfaat untuk mengatasi buruknya kualitas air pada musim-musim tertentu.

"Dengan pertimbangan itulah maka Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Tengah berkoordinasi dengan dinas perikanan kabupaten untuk menjaga kelestarian ikan endemik. Maka kami menyarankan dengan membuat beje-beje ini," kata Kepala Dinas Perikanan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Rusliansyah, Kamis (6/4/2017).

Ia menjelaskan, sistem beje adalah metode penangkapan yang dibuat di daerah rawa banjiran ataupun hutan yang berbentuk kolam buatan. Fungsinya untuk mengumpulkan dan area penangkapan ikan saat musim kemarau.

Menurutnya dengan menggunakan beje, kelestarian lingkungam tetap terjaga tanpa harus menggunakan peralatan yang dilarang pemerintah. "Kami sudah menyiapkan beberapa lokasi di bantaran sungai. Mulai dari kawasan Raja Seberang, Desa Sulung, Kenambui dan Rangda." (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru