Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hotspot di Kobar Terpantau Nihil

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 06 April 2017 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Titik api (Hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terpantau nihil. Hal ini disebabkan karena saat ini Kabupaten Kobar masih dalam masa musim penghujan.

Padahal, sepanjang tahun 2016 lalu tim terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), berhasil memadamkan 144 titik api dan berhasil menangkap 20 orang pelaku pembakaran.

Sebanyak 144 titik api dan 20 pelaku yang ditangkap itu tersebar di tiga Kabupaten yaitu Kotawaringin Barat dengan 50 hotspot dan pelaku karhutla 9 orang, Kabupaten Lamandau 85 hotspot dan jumlah pelaku 5 orang sementara Kabupaten Sukamara 9 hotspot dengan jumlah pelaku 6 orang.

Komandan Kodim 1014/Pbn yang sekaligus Dansub Satgas Darat Wilayah Kalteng Bagian Barat, Letkol Inf Wisnu Kurniawan mengatakan bahwa pada tahun 2017 ini hotspot di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat terpantau nihil. "Hingga saat ini hotspot Karhutla masih nihil, ini akibat curah hujan yang masih tinggi," tegas Wisnu Kurniawan, Kamis (6/4/2017).

Ia berharap supaya masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan, serta semua komponen baik TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni serta perusahaan siap menghadapi kemungkinan terjadinya karhutla di wilayah Kabupaten Kobar. (KOKO SULISTYO/B-10)


TAGS:

Berita Terbaru