Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Pengunjung Pantai Kubu Membuang Sampah pada Tempatnya Rendah

  • 11 April 2017 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun ' Kesadaran pengunjung Pantai Kubu dalam membuang sampah masih rendah. Hal ini tampak jelas dengan banyaknya sampah di sekitar salah satu lokasi wisata andalan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kobar, Fahrizal Fitri menyebut, kebiasaan pengunjung membuang sampah padat dan cair di sekitar Pantai Kubu sudah berlangsung lama.  'Kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah hingga kini masih sangat rendah,' ujar Fahrizal Fitri seusai menggelar acara bersih-bersih pantai bersama relawan peduli lingkungan, Selasa (11/4/2017).

Kondisi itu dapat dilihat dengan masih banyaknya pengunjung yang membuang sampah ke sungai bahkan ke pantai. Hal ini bila tidak dapat ditangani tentu berpotensi mengancam ekosistem.

Kegiatan itu, jelas Fahrizal Fitri, merupakan rangkaian acara peringatan Hari Bumi tahun 2017. Relawan terdiri dari komunitas peduli lingkungan, pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Kobar.

Ia mengaku, kegiatan bersih pantai sebenarnya sudah dilakukan secara rutin. Gerakan itu sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat yang dapat mengganggu lingkungan pantai.

'Terus terang saja, saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai masih kurang. Buktinya masih banyak sampah berserakan sehingga dapat mencemari lingkungan pantai dan mengganggu pemandangan,' ujarnya.

Fahrizal menambahkan, Pantai Kubu yang berada di Kecamatan Kumai itu merupakan lokasi pantai rekreasi, sehingga kebersihannya perlu dijaga. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru