Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Sukamara Gelar Sidang Keliling Akta Kelahiran

  • Oleh Norhasanah
  • 25 April 2017 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil dan KB) Sukamara akan kembali menggelar sidang keliling bagi masyarakat yang mengajukan perbaikan atas kekeliruan terhadap akta kelahiran yang sudah diterbitkan.

Kepala Disdukcapil dan KB Sukamara, Gusti Usman Effendi mengatakan, sidang keliling yang digelar bersama Pengadilan Negeri Pangkalan Bun untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin memperbaiki akta kelahiran.

'Untuk tanggal belum bisa dipastikan karena kita masih menunggu masyarakat yang ingin mendaftar untuk mengikuti sidang,' kata Gusti Usman Effendi, Selasa (25/4/2017).

Menurut Gusti, dengan mengikuti sidang, akta kelahiran yang mengalami kesalahan saat pembuatan bisa dilakukan perbaikan. Kekeliruan banyak terjadi dalam penulisan nama, tempat dan tanggal lahir serta data-data lainnya.

'Aturannya memang demikian, sebab untuk mengubah data yang ada di akta kelahiran harus melalui ketetapan atau keputusan dari pengadilan sehingga wajib melalui sidang,' tegasnya.

Lanjut Gusti, untuk menghindari kekeliruan semacam ini maka dirinya mengimbau agar dalam pembuatan akta kelahiran anak harus dilakukan langsung oleh orang tua agar sebelum diterbitkan orang tua bisa lebih dulu memeriksa apakah data yang dicantumkan telah sesuai dan benar.

'Untuk itu dalam pembuatan akta jangan melalui calo atau perantara, karena mereka tidak mengetahui persis datanya,' tutur Gusti Usman Effendi. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru