Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota BPBD Aktif Pantau Medsos

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 April 2017 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Barat (BPBD Kobar) aktif memantau media sosial. Tetapi bukan untuk up date status atau memasang foto diri. Melainkan untuk memantau kondisi. "Postingan dari warga juga kami pantau. Saat ini bila ada terjadi bencana di lingkungan terdekatnya, banyak warga memotret dan mengunggaj ke media sosial," ujar Kasi Pencegahan BPBD Kobar Fahrul Laji, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya, pemantauan seperti itu bisa membantu, karena hampir semua orang memiliki smartphone. "Karena tidak mungkin kami menempatkan anggota di setiap desa dan kelurahan di Kobar," ujarnya.

Meski begitu, pihak BPBD juga mengharapkan ada laporan dari masyarakat yang wilayahnya terkena bencana, seperti banjir, angin puting beliung, dan lain-lain. Masyarakat bisa melaporkan ke 0532-27772 atau 05322067330.

"Kita juga telah berkoordinasi dengan anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Beberapa kali kita mendapatkan informasi peristiwa bencana dari anggota organisasi radio tersebut," ujar Fahrul. Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mendapatkan informasi dari perangkat kelurahan dan desa yang berada di Kobar.

Menurut Fahrul, seringkali laporan tersebut langsung dilengkapi dengan foto-foto kondisi di lokasi kejadian. "Dengan memanfaatkan teknologi smartphone yang hampir dimiliki setiap orang, kami cukup lengkap mendapatkan informasi awal kejadian bencana," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru