Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Arahan Menteri Dalam Negeri Kepada Pemerintah Daerah Pada Peringatan Hari Otonomi Daerah

  • 25 April 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXI, Selasa (25/4/2017), ada beberapa arahan yang disampaikan Menteri Dalam Negeri  Tjahjo Kumolo kepada pemerintah daerah.

Sebagaimana disampaikan Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos saat membacakan sambutan tertulis Mendagri pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di halaman Kantor Bupati Gunung Mas, Selasa (25/4/2017).

Arahan Mendagri di antaranya, pertama, dalam rangka mengefektifkan penyelengaraan pemerintahan daerah, harus senantiasa terjalin hubungan yang harmonis antara kepala daerah dan DPRD sebagai sesama unsur penyelengara pemerintahan di daerah, termasuk hubungan yang harmonis dengan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Kedua, tingkatkan kualitas tata kelola pemerintahan daerah untuk mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan profil pemerintahan daerah yang bersih, melalui reformasi birokrasi, serta peningkatan kapasitas dan integritas seluruh penyelengara pemerintah daerah, baik kepala daerah, DPRD, maupun pegawai negeri sipil.

"Ketiga, prioritaskan program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang didukung dengan pengelolaan sumber-sumber keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan, dan akuntable," ungkap Rony Karlos menyampaikan pesan Mendagri.

Keempat, tingkatkan daya saing perekonomian daerah di tengah percaturan ekonomi global dan regional, termasuk era ekonomi ASEAN, melalui potensi ekonomi daerah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan dunia usaha.

"Terakhir, tingkatkan keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di lingkungan pemerintah daerah secara efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru