Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sime Darby 'Sulap' Produk Sampingan Kernel Sawit Jadi Pakan Ternak

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 26 April 2017 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit asal Malaysia, Sime Darby Plantations, pekan ini meluncurkan teknologi pra pembersihan dan bahan pakan ternak bernama Purafex.

Seperti dilansir The Star, sistem pembersihan kernel (biji sawit) baru yang dikembangkan Sime Darby Plantations itu mendapat dukungan pendanaan dari Malaysian Palm Oil Board (MPOB).

Dengan teknologi anyar tersebut, diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi perekonomian Malaysia, karena negeri jiran itu dapat menghemat anggaran untuk mengimpor bahan pakan ternak.

Dengan peluncuran sistem baru itu menandai keberhasilan Sime Darby Plantations sebagai teknologi pertama yang berhasil menggunakan produk sampingan (by-product) dari kernel sawit untuk menghasilkan bahan yang bisa dipakai sebagai campuran pakan ternak, khususnya ayam.

Meski industri minyak biji sawit telah berkontribusi terhadap sektor produksi pakan ternak selama bertahun-tahun, namun produk sampingannya yang disebut palm kernel cake (PKC) lebih banyak dipakai untuk pakan ternak sapi dan tidak untuk ternak ayam karena mengandung serat tinggi.

Dengan inovasi baru ini sekaligus mengubah peta industri peroduksi pakan ternak. Sime Darby kini bisa memproduksi PKC yang kaya protein dan cocok untuk dijadikan pakan ternak ayam. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru