Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duh, 20 Kilogram Rotan hanya Dapat Beras Sekilo

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 April 2017 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Komoditas rotan akhir-akhir ini sudah tidak lagi menjadi andalan warga Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Itu karena harga rotan sejak lima tahun terakhir terus anjlok. Bahkan saat ini rotan hanya dihargai Rp50 ribu per kwintalnya oleh pengepul. "Rotan sudah tidak bisa lagi jadi sumber penghasilan sekarang, sebab rotan sekarang dihargai sangat murah oleh pengumpul," sebut Dani warga Desa Luwuk Kanan, Minggu (30/4/2017).

Menurut Dani, pada era 1990-an, harga rotan mentah di tingkat petani cukup lumayan. Saat itu satu kilogram rotan bisa mendapatkan beras satu kilogram juga.

"Tapi sekarang 20 kilo rotan baru dapat sekilo beras. Makanya sekarang masyarakat malas memotong rotan karena harganya tidak sebanding dengan tenaga saat memanen," imbuhnya.

Likin, warga Desa Talian Kereng juga mengatakan anjloknya harga rotan sejak beberapa tahun terakhir mengakibatkan tidak sedikit warga setempat yang beralih menjadi petani pekebun dan bekerja bangunan. "Karena kalau cari rotan sehari ful belum tentu dapat Rp100 ribu, sedangkan kerja bangunan lebih Rp100 per harinya," katanya.

Meski begitu, katanya di desa sejauh ini masih ada warga yang memotong rotan itu. "Karena cari kerjaan sulit, jadi ada saja yang masih memotong rotan itu meski hasilnya tidak seberapa," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-10)


TAGS:

Berita Terbaru