Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LSM dan Ormas Harus Punya Tujuan dan Kegiatan Bermanfaat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Mei 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan organisasi masyarakat (Ormas) harus mempunyai tujuan dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian dikatakan Asisten I Setda Katingan Jainudin Sapri saat membuka acara penyempurnaan penguatan kelembagaan LSM/Ormas di Losemen Citra Katingan, Selasa (23/5/2017).

Menurut Jainudin, dalam tangka pengembangan dan pendayagunaan terhadap lembaga swadaya masyarakat perlu dilakukan pembinaan untuk merangsang partisipasi dan kewadayaan masyarakat secara aktif dan dinamis.

"Ini agar LSM mempunyai tujuan program dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan sejalan dengan pembangunan nasional," ujar Jainudin Sapri.

Untuk itu perlu dilakukan upaya yang lebih berdayaguna agar ormas dan LSM sebagai mitra pemerintahan dalam pembangunan dapat meningkatkan dan memperluas partisipasi masyarakat tersebut melalui pendayagunaan dan peningkatan partisipasi demi tercapainya sasaran pembangunan khususnya di daerah Kabupaten Katingan.

Menurut Jainudin, pemerintah dan pemerintah daerah dituntut mampu mengelola keseimbangan, keselarasan perorganisasi dan kewajiban dalam berorganisasi sebagaimana diatur konstitusi UUD 1945.

"Oleh sebab itu kita semua dan seluruh rakyat Indonesia harus mengawal bersama niat baik dan cita-cita luhur pendiri pengurus dan anggota ormas tersebut, dapat berjalan sesuai fumgsi dan tujuan ormas sebagaimana diatur dalam undang-undang," imbuh Jainudin. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru