Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stok Daging Sapi di Kobar Aman Hingga Idul Fitri

  • Oleh Cecep Herdi
  • 29 Mei 2017 - 17:54 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Stok daging sapi untuk kebutuhan pasar lokal di Kabupten Kobar dinilai aman hingga hari raya Idul Fitri. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rosihan Pribadi di ruang rapat bupati Kobar, Senin (29/5/2017).

"Stok dari perusahaan swasta penyedia sapi potong serta dari para peternak dan tukang jagal jumlahnya sudah melebihi stok hingga lebaran," kata Rosehan.

Ia menambahkan, dari perhitungan sapi siap potong di Kobar saat ini stoknya sebanyak 2.186 ekor. Jumlah tersebut disiapkan untuk menutupi kebutuhan daging hingga lebaran. Ia juga merinci jumlah sapi siap potong itu terdiri dari sapi milik Citra Borneo Indah (CBI) 201 ekor, PT Astra 800 ekor, sapi milik peternak atau masyarakat sebanyak 186 ekor, dan sapi dari para peternak jagal sebanyak 800 ekor.

"Harganya sesuai ketentuan dari pemerintah pusat. Kalau di Kobar kisarannya antara Rp125 sampai Rp135 per kilogram. Kita jaga supaya harganya tetap stabil karena dari stok kita sudah aman. Tinggal mengurus kendala-kendala kecil di lapangan yang mengganggu stabilitas harga," kata dia.

Sesuai kebutuhan hari jelang Ramadan, jelas Rosihan, rata-rata enam sapi yang dipotong dan dijual perharinya di pasaran. Semetara saat H-2 dan H-1 lebaran terjadi peningkatan signifikan yakni sebanyak 50 ekor sapi yang dipotong perharinya. "Tapi dari jumlah yang sudah kami hitung, stoknya mencukupi sampai lebaran," tegasnya. (CECEP HERDI/B-8)

Berita Terbaru