Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sawit Merah Adalah Sumber Terkaya Antioksidan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 01 Juni 2017 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Antioksidan dikenal dapat membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Senyawa kuat ini dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.

Buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan yang kaya pigmen adalah sumber antioksidan yang paling bagus. Tapi semua itu bukan satu-satunya sumber antioksidan.

Tokotrienol vitamin E, salah satu dari antioksidan terkuat, ternyata dapat ditemukan pada jelai (sereal yang merupakan anggota suku padi-padian), gandum hitam dan minyak sawit.

Faktanya, sumber terbaik dari antioksidan adalah minyak sawit merah, demikian penjelasan dari penulis nutrisi dan kesehatan, Robin Miller, seperti dilansir Palmoilhealth.

Menurut dia, untuk mendapatkan minyak sawit merah tidaklah sulit. Pasalnya, minyak sawit merah banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk beragam produk makanan, termasuk kue dan makanan ringan kemasan untuk anak-anak.

Kunci dari keampuhan antioksidan pada sawit merah adalah tokotrienol vitamin E. Ada dua bagian pada vitamin E, yaitu tokoferol dan tokotrienol. Tokoferol ditemukan pada sebagian besar produk multivitamin dan suplemen vitamin E.

Sedangkan tokotrienol adalah komponen minor pada beberapa jenis tumbuhan. Tak seperti tokoferol yang ditemukan pada sebagian besar minyak nabati, tokotrienol hanya ditemukan pada jenis minyak tertentu, dengan minyak sawit merah adalah sumber terkayanya.

Berkat struktur molekulnya yang unik, tokotrienol adalah antioksidan superior, yang memiliki kekuatan antioksidan 40 hingga 60 kali dari antioksidan tokoferol. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru