Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

1 Januari 2018 SLIK akan Gantikan Peran SID Bank Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Juni 2017 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meluncurkan aplikasi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang merupakan perluasan Sistem Informasi Debitur (SID) dan dibangun sebagai sarana pertukaran informasi pembiayaan atau perkreditan antarlembaga di bidang keuangan.

Namun meski telah diluncurkan pada April 2017, tapi sistem ini baru akan resmi menggantikan SID pada 1 Januari 2018. Informasi ini akan lebih cepat sampai ke masyarakat jika disampaikan melalui media massa.

"Proses pelaporan SLIK akan dilakukan secara parallel run bersamaan dengan pelaporan SID untuk periode bulan data Maret-November 2017. Untuk selanjutnya, pada 1 Januari 2018, SLIK akan sepenuhnya menggantikan peran SID yang dikelola Bank Indonesia," ungkap Kepala OJK Kalteng, Dadang Ibnu Windartoko saat mengadakan acara buka puasa dengan wartawan, Selasa (13/6/2017).

Lahirnya SLIK diharapkan dapat membantu peningkatan jumlah penyediaan dana dan mampu mengendalikan pertumbuhan kredit bermasalah.

"Slik merupakan salah satu bentuk infrastruktur keuangan yang sangat penting untuk dapat memperluas akses kredit atau pembiayaan dan menyediakan informasi untuk kreditur yang dapat membentu menurunkan tingkat resiko kredit bermasalah," katanya.

SLIK menurutnya, dibangun dengan mengakomodir kebutuhan industri, kebutuhan OJK dan kebutuhan lembaga lain. OJK senantiasa melakukan inovasi seiring dengan perkembangan yang terdapat pada industri jasa keuangan. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru