Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Realisasi Ganti Rugi Tumpahan CPO Cempaga Belum Jelas

  • Oleh Naco
  • 28 Juni 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kompensasi untuk warga yang terkena imbas tumpahnya crude palm oil (CPO) di Sungai Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, hingga kini belum jelas.

Bahkan pihak yang mestinya bertanggung jawab tidak ada lagi kabarnya. Warga yang terkena dampak pun mengaku belum menerima kabar dan perkembangan realisasi kompensasi.

'Memang beberapa waktu lalu ada rencana mereka mau berikan kompensasi kepada warga tapi sampai saat ini belum ada kabar dan kepastiannya seperti apa,' kata Matias, warga Desa Luwuk Bunter, Rabu (28/6/2017).

Menurut Matias, tumpahan CPO beberapa waktu lalu mengalir hingga ke desa mereka. Akibatnya air sungai menjadi berminyak. Namun kondisi itu tidak berselang lama. Saat ini air sungai kembali berangsur normal.

Seperti diberitakan, CPO di Pelabuhan PT Surya Mentaya di Desa Cempaka Mulia Barat, Kecamatan Cempaga, tumpah pada 19 Juni 2017 malam. Akibatnya Sungai Cempaga tercemar, lalu mengalir ke Sungai Paring dan Luwuk Bunter.

Pada 20 Juni 2017, pihak perusahaan menyatakan sikap akan memberikan kompensasi kepada warga dan melakukan mediasi di kantor Desa Cempaka. Namun hingga kini warga mengaku belum menerima realisasi kompensasi yang dijanjikan. (NACO/B-3)

Berita Terbaru