Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Siapkan Dua Wilayah sebagai Desa Mandiri Benih

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Juli 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara menyiapkan Desa Pulau Nibung dan Desa Sungai Pasir sebagai Desa Mandiri Benih.

"Untuk saat ini di Kabupaten Sukamara hanya ada dua desa yang kita persiapkan dan kita pilih sebagai Desa Mandiri Benih," kata Kepala DKPP Sukamara, Irlan Kodriansyah, Sabtu (8/7/2017).

Menurut dia, dipilihnya dua desa tersebut sebagai Desa Mandiri Benih karena para petani setempat sudah mampu menghasilkan gabah dengan kualitas baik, sehingga benih yang dihasilkanpun akan baik, mengingat pperlakukangabah yang dipersiapkan untuk menjadi benih dan dikonsumsi sangatlah berbeda.

"Untuk gabah yang akan dijadika benih itu ada perlakukan khusunya, benih tidak boleh rusak dan lembab karena akan mengurangi kualitasnya sehingga tidak sembarangan sebab apabila ditanam tidak bagus tumbuhnya," terang Irlan.

Irlan berharap, dengan adanya Desa Mandiri Benih maka petani tidak perlu lagi membeli benih dari luar daerah, sehingga akan menghemat waktu dan biaya mengingat benih yang berasal dari luar daerah akan jauh lebih mahal jika dibanding dengan benih dari wilayah sendiri.

"Jika ditempat kita sudah menyediakan benihkan tentunya harganya akan lebih murah jika kita beli dari daerah lain, dan akan kita upayakan benih yang nantinya dihasilkan akan memiliki kualitas baik agar hasil yang didapat pun baik," ujar Irlan. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru