Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Lalu Kalteng Raih Juara II Lomba PCTA, Apa Target Tahun Ini

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 Juli 2017 - 22:04 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Nasional yang diikuti perwakilan dari Kalimantan Tengah tahun lalu berhasil menjadi juara II untuk tingkat SMA/sederajat. Sedangkan tingkat perguruan tinggi, berada di posisi lima.

Demikian disampaikan perwakilan dari Kementerian Pertahanan bagian Analis Madya Bidang Atase Pertahanan Direktorat Kerjasama Internasional, Kolonel Laut Lily Limanovlava di Palangka Raya, Rabu (19/7/2017).

'Prestasi putra-putri Kalteng tahun lalu tingkat SLTA juara II, sedangkan perguruan tinggi posisi 5,' kata Lily.

Lantas, bagaimana dengan tahun ini Harapan untuk bisa menjadi yang terbaik berada di pundak siswa SMAN 1 Palangka Raya dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah untuk tingkat perguruan tinggi.

Mereka berhak maju ke tingkat nasional setelah dinobatkan sebagai pemenang pada lomba diskusi PCTA tingkat provinsi Kalteng, di kantor Kesbangpol, Jalan Diponegoro, Palangka Raya berakhir Rabu (19/7/2017).

Peserta dari SMAN 1 Palangka Raya itu adalah Muhammad Yusril Saputra, siswa kelas XII Bahasa dan Renasinta Diva, siswi kelas XI. Sedangkan dari Universitas Muhammadiyah yakni Ahmad Safari, mahasiswa semester 5 dan Derina Ratna Sari, mahasiswi semester 7.

Lily mengatakan, mereka masih ada waktu untuk lebih giat belajar, baik itu tentang pengetahuan umum, pertahanan negara, bela negara dan lain sebagainya. Jika tidak ada aral melintang, lomba tingkat nasional itu akan digelar September mendatang.

Hal senada juga disampaikan Dandim 1016/Plk Letkol Czi Alfius Navirinda Krisdinanto. 'Tentu nanti mereka akan berhadapan dengan peserta dari provinsi lain. Oleh sebab itu, harus lebih giat belajar lagi sehingga nanti mampu berkompetisi dengan peserta lain,' kata Alfius.

Menanggapi lomba PCTA, Alfius menilai bahwa kegiatan tersebut memiliki manfaat besar untuk membangkitkan kesadaran siswa maupun mahasiswa tentang kecintaan terhadap tanah air.

'Kemudian juga untuk membangkitkan semangat kompetisi. Selain itu, anak-anak biasanya kan suka berbicara. Ini sangat bagus menjadi wadah dalam menyampaikan pendapat karena ditanggapi peserta lain. Jadi bukan asal bicara lagi,' tuturnya. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru