Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UNDP Latih Cara Menambang Emas Tanpa Bahan Kimia

  • 05 Agustus 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - United Nations Development Program (UNDP) bersama tim gabungan pengendali bahan kimia melatih sejumlah penambang emas di Desa Sambi, Kecamatan Arut Utara (Aruta), tentang cara pertambangan tanpa bahan kimia.

Selain memberikan pelatihan, tim yang terdiri dari UNDP, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga menyosialisasikan bahaya penggunaan bahan kimia yang digunakan penambang.

Perwakilan tim, Mahfudz menjelaskan, tim tersebut dibentuk bertujuan untuk memberikan pengarahan terhadap warga setempat dalam mengendalikan limbah dari proses pengolahan emas.

"Kami akan memberikan pelatihan bagaimana cara mengolah emas tanpa menggunakan bahan kimia," ucap Mahfudz, Sabtu (5/8/2017).

Bahan kimia yang selama ini dipakai masyarakat, Lanjut Mahfudz, dinilai berdampak negatif bagi kelangsungan hidup masyarakat sekitar. Tanah akan terkontaminasi bahan kimia yang tidak bisa terurai dan akan menyebabkan pengurangan nutrisi tanah serta unsur hara tanah.

Dari pihak KLHK, Aisyah menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Semua hasil dari tanah, air, tanaman dan semua yang telah tercemar bahan kimia tidak sehat untuk dikonsumsi.

"Tanah yang sudah tercemar bahan kimia dampaknya akan menggangu kesehatan. Karena sumber makanan yang dihasilkan tanah tersebut ikut tercemar," tandasnya.

Pihaknya berharap, program yang telah digulirkan itu mendapatkan dukungan penuh dari semua penambang yang sebagian besar dikelola oleh masyarakat di Kecamatan Aruta. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-11)

Berita Terbaru