Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Disperindag Palangka Raya Klaim Ketersediaan Garam Cukup

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Agustus 2017 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban mengklaim, ketersediaan garam di Kota Palangka Raya mencukupi. Hal ini menjawab pertanyaan terkait kabar kelangkaan garam di pasaran beberapa waktu terakhir.

Menurut Aratuni, sesuai dengan tugas dan fungsinya, pemerintah mengawasi harga kebutuhan pokok di pasaran. Saat ini yang menjadi fokus pemerintah dan terus diawasi harga dan ketersediannya ialah komoditi beras dan garam.

"Untuk ketersedian atau stok garam, ada saja di pasaran. Tidak ada pengurangan stok dan tidak ada permasalahan dalam mendistribusikan garam," ungkap Aratuni kepada Borneonews, Jumat (11/8/2017).

Meski mengklaim ketersediaannya cukup, Aratuni mengakui adanya kenaikan harga untuk komoditas satu ini. "Harga garam memang naik, yang tadinya Rp2.000 sekarang menjadi Rp5.000, jadi ada kenaikan kurang lebih Rp3.000. Namun kenaikan harga garam ini tidak hanya di Kota Palangka Raya, bahkan secara nasional mengalami kenaikan harga garam," terangnya.

Hal ini menurut Aratuni merupakan akibat dari tata niaga garam yang mengalami perubahan dari Madura, daerah penyuplainya. Akan tetapi pemerintah bersama polisi terus memonitor garam ini, baik harga maupun ketersediaannya. "Jika memang ada perubahan yang mendasar maka kita akan koordinasi dengan pihak bulog," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru