Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Alsintan Diharapkan Bisa Atasi Masalah Pertanian di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Agustus 2017 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bantuan alat pertanian dari pemerintah pusat diharapkan secara bertahap mampu mengatasi beberapa permasalahan pertanian. Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kamaludin menjelaskan beberapa permasalahan pertanian."Di antaranya adalah tenaga kerja pertanian yang semakin mahal. Dengan adanya peralatan penunjang pertanian yang bisa digunakan untuk mengolah lahan, permasalahan ini bisa diatasi," jelasnya seusai penyerahan alat dan mesin pertanian (alsintan) pada beberapa kelompok tani yang tersebar di enam kecamatan di Kobar, Selasa (15/8/2017).

Kemudian, lanjutnya, saat ini banyak anak muda yang kurang berminat untuk bekerja pada dunia pertanian tanaman pangan. "Karena bayangan orang selama ini mengolah lahan pertanian itu hanya menggunakan peralatan yang sangat manual, yaitu cangkul semata. Padahal kecanggihan teknologi saat ini alat pertanian modern seperti traktor sangat mempermudah pengolahan lahan serta meningkatkan efektivitas kerja," jelasnya.

Namun, lanjutnya, mahalnya harga peralatan tersebut juga menjadi salah satu masalahnya. "Nah untuk inilah bantuan alat pertanian modern ini diberikan pada kelompok tani di Kabupaten Kobar," jelasnya.

Demikian juga,lanjutnya, larangan pengolahan lahan pertanian dengan cara membakar, diharapkan bisa dijalankan dengan melakukan pengolahan lahan menggunakan traktor. "Secara perlahan teknik pengolahan lahan pertanian dengan cara membakar harus mulai ditinggalkan dan beralih menggunakan peralatan yang lebih modern dan aman dari bahaya kebakaran hutan dan lahan" jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru