Sabtu, 25 November 2017
 

 
Barito Selatan
 

Penyandang Disabilitas

Anak Berkebutuhan Khusus Wajib Dapat Hak yang Adil di Bidang Pendidikan

 
 
Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri foto bersama dengan siswa SLB dan para guru didampingi sejumlah kepala SOPD.\\r\\n

Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri foto bersama dengan siswa SLB dan para guru didampingi sejumlah kepala SOPD.\\r\\n

Borneonews / Uriutu

BORNEONEWS, Buntok - Anak berkebutuhan khusus wajib mendapatkan hak yang adil dan merata di bidang pendidikan. Bupati Barito Selatan (Barsel) Eddy Raya Samsuri mengatakan ini saat anjang sana ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Buntok, Jumat (18/8/2017).

SLBN-1 Buntok merupakan satu-satunya lembaga yang secara khusus mendidik peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus dari berbagai kecamatan di Barsel. "Oleh karena itu SLB sangat diperlukan masyarakat dalam pembangunan di bidang pendidikkan," kata Eddy Raya.

Namun, lanjut dia, kenyataannya masih banyak para penyandang disabilitas atau anak berkebutuhan khusus yang belum dapat mengakses pendidikkan secara merata.

Hal itu karena jumlah SLB masih terbatas. Karena untuk kecamatan dan desa masih belum ada. Saat ini SLB hanya ada dua yakni di Desa Sababilah dan kota Buntok saja.

Meski demikian, pemerintah daerah harus secara terus-menerus mendorong dan memberikan dukungan agar anak-anak berkebutuhan khusus memperoleh hak mereka dengan adil dan merata di bidang pendidikkan.

"Diharapkan pula mereka dapat menempuh jenjang pendidikkan sampai batas kemampuan yang dimiliki dan berprestasi," ucap dia.

Ia menambahkan, melalui momen penting dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI ini sekaligus hari jadi Kabupaten Barsel ke-58, dirinya mengajak para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk membuka diri.

Kemudian mau menyekolahkan anak-anaknya di SLB, yang mana sekolah itu memang diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai keterbatasan.

Dirinya berharap, ke depan Pemkab Barsel bisa berbuat lebih banyak lagi untuk membangun SLB sampai ke tingkat kecamatan.

"Supaya tidak ada satupun anak berkebutuhan khusus yang tak mengenyam pendidikkan," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

BERITA POPULER

Perbaikan Jembatan

Pilkada Serentak 2018

Aparatur Sipil Negara

Sengketa Tanah

Penyiaran Tanpa Izin

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top