Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bulog Harus Terima Beras Petani Lokal

  • Oleh Ramadani
  • 24 Agustus 2017 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota Komisi IV DPR RI Hamdhani meminta Bulog menerima beras dari petani untuk beras keluarga sejahtera (rastra). Sehingga petani dapat menjual hasil pertanian dengan mudah.

Harga beras di Bulog sangat rendah yakni Rp7.300 per kilogram. Sedangkan beras petani lokal di Kabupaten Barito Utara mencapai Rp11 ribu-Rp13 ribu. Hal ini yang menjadi kendala selama ini.

Menurut Hamdhani, bila beras para petani lokal kualitas premium, mereka dapat menjual di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Mengingat harga beras premium mencapai Rp10 ribu hingga Rp12 ribu per kilogram. Dan Bulog dapat menerima beras tersebut.

Ia menuturkan, penetapan Harga Pokok Pembelian sesuai Inpres Nomor 5 Tahun 2015 tertanggal 17 Maret 2015, ialah GKP Rp3.700 per kg di petani dan Rp3.750 per kg di penggilingan, GKG Rp4.600 per kg di petani, dan Rp4.650 per kg di gudang Bulog, serta beras Rp7.300 per kg di gudang Bulog.

Untuk mengatasi hal tersebut, Hamdhani mengatakan bahwa Bulog diharapkan memberi pembinaan kepada petani. 'Jadi, petani hanya menjual gabahnya tanpa harus menggiling padi atau gabah milik mereka untuk di jual ke Bulog,' ungkapnya saat berada di depan kantor Dinas Pertanian Barito Utara, Kamis (24/8/2017).

Dikatakannya juga, tingkat kekeringan gabah berpengaruh terhadap kualitas beras. Sehingga diharapkan Bulog juga dapat memberikan bantuan kepada para petani. (RAMADANI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru