Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua Komisi B Minta Masyarakat Proaktif Cegah Karhutla

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 September 2017 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Memasuki musim kemarau saat ini, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor mengatakan, patutlah semua elemen proaktif mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Di Kota Palangka Raya yang mana berpotensi besar terjadinya kebakaran ini semua elemen masyarakat harus proaktif dan tanggap mencegah karhutla ini," kata Sugianor, Selasa (5/9/2017).

Politisi PKB Kota Palangka Raya ini menegaskan bahwa masyarakat bisa menunjukkan perannya dengan tidak membakar lahan kebun ataupun pekarangan rumah yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Masyarakat kita bisa peduli dan proaktif mencegah karhutla ini dengan tidak membakar sembarangan. Karena saat ini masuk musim kemarau maka rentan sekali terjadi kebakaran apabila ada sedikit saja api di sekitar lahan kering," kata Sugianor.

Karenanya, lanjut Sugianor, sosialisasi pencegahan karhutla ini juga wajib diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya kepada masyarakat. Hal ini supaya masyarakat tahu dan jelas atas infomasi yang didapat melalui sosialisasi tersebut.

"Yang terpenting pada tahap pencegahan ini adalah sosialisasi kuat yang dilakukan BPBD ataupun instansi lainnya, sehingga pemahaman masyarakat untuk tidak membakar dan membuka lahan dengan cara membakar dipahami oleh masyarakat," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru