Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PU Kapuas Bakal Gelar Program Sanimas di Seluruh Desa dan Kelurahan

  • Oleh Hamdi
  • 08 September 2017 - 19:00 WIB

BORNOENEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas akan melaksanakan program Sanitasi Masyarakat (Sanimas) di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Kapuas.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, DPUPRPKP Kapuas Maria Suzana Natalestari saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Jumat (8/9/2017). "Jadi dalam hal ini kita memfasilitasi masyarakat untuk membuat tangki septik, yang dimana nantinya akan disambungkan dengan pipa-pipa ke setiap rumah warga," kata Lisa.

Menurut Lisa, program tersebut sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat. "Jadi kita perlu lahan untuk membangun tangki septik, selain itu masyarakat harua bersedia juga untuk menyambungkan pipa-pipa dari rumah mereka ke tangki septik tersebut," sambungnya.

Program tersebut, kata dia, rencananya akan diberikan kepada seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kapuas. "Jadi seandainya masyarakatnya bersedia dan lahan juga ada maka program ini bisa dilaksanakan," kata dia.

Program Sanimas tersebut, kata Lisa, sangat baik bagi masyarakat, agar lingkungan menjadi tidak tercemar dan masyarakat terhindar dari penyakit. "Kita juga melihat daerah mana yang sanitasinya kurang baik, maka akan kita prioritaskan program sanimas ini didaerah tersebut," imbuhnya.

Untuk sumber dana, terang Lisa, dari APBN melalui Satker PSPLP Provinsi kalteng. "Kita harap program ini bisa berjalan dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat," pungkas Lisa. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru