Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Bisa Manfaatkan Drone Milik PT SSMS

  • Oleh Oktrika Nugraheni
  • 10 Oktober 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), yang merupakan bagian dari Citra Borneo Indah (CBI) Grup sudah menggunakan teknologi drone untuk identifikasi dan kontrol di areal perkebunan sejak 2016 lalu. Kini, masyarakat juga bisa menggunakan drone milik PT SSMS untuk mengukur luas lahan atau untuk identifikasi pokok sawit. "Masyarakat bisa menggunakan jasa sewa drone milik kami. Bagi yang berminat bisa menghubungi divisi R&D sebagai profit center grup," kata Head Estate Department PT SSMS Ade Irawan Harahap.

Ia pun menjelaskan, tidak semua orang bisa mengoperasikan drone. Karena, seorang pilot drone harus mengantongi sertifikat khusus. "Kami sudah memiliki pilot drone yang bersertifikasi. Memang, kalau untuk drone sebagai hobi saja tidak perlu sertifikasi karena ketinggian terbangnya juga terbatas, tapi kalau untuk identifikasi operasional harus ada sertifikasinya," tutur Ade.

Soal biaya sewa, Ade tidak menyebut secara rinci, karena itu bergantung dengan permintaan masyarakat sendiri. Misalnya, berapa luas lahan yang akan diukur, untuk identifikasi apa dan seberapa detil foto yang diminta.

Ke depan, akan lebih banyak karyawan yang mendapat ilmu drone. Dengan begitu, akan lebih banyak lagi efisiensi yang dilakukan, baik dari segi waktu maupun biaya. "Soal inovasi, kami akan terus memberikan ide-ide untuk kemajuan perusahaan dan efisiensi tadi. Tidak ada target setahun harus berapa ide, kan yang lebih penting adalah realisasinya," lanjutnya. (OKTRIKA NUGRAHENI)

Berita Terbaru