Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BkkBN RI Canangkan Delapan Kampung KB di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 Oktober 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Surya Candra Surapaty resmi mencanangkan delapan Kampung KB di Kabupaten Lamandau, Kamis (12/10/2017). Pencanangan tersebut berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang yang dirangkai dengan Seminar KB Pria (MOP), Pencanangan Kecamatan dan Desa/Kelurahan Menuju Kecamatan dan Desa Layak Anak dengan ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Delapan Kampung KB itu meliputi satu desa untuk masing-masing (delapan) kecamatan yang ada di Lamandau, dengan rincian Desa Guci (Kecamatan Bulik), Desa Penopa (Kecamatan Lamandau), Desa Toka (Kecamatan Bulik Timur), Desa Jemuat (kecamatan Batang Kawa), Desa Sungai Buluh (kecamatan Belantikan Raya), Desa Batu Hambawang (Kecamatan Sematu Jaya), dan Desa Mukti Manunggal (Kecamatan Menthobi Raya).

Dalam kesempatannya, Surya Candra Surapaty menyampaikan, tujuan pencanangan Kampung KB adalah sebuah upaya intervensi pembangunan berwawasan kependudukan. "Pembangunaan kita itu memang harus langsung ke manusianya, dengan adanya kampung KB maka tentu keluarga itu bisa didata dengan jelas, bisa kita ketahui berapa jumlah keluarga yang ikut KB dan yang tidak, berapa jumlah anaknya," kata dia.

Lebih dari itu, Surya Candra juga menyebut, adanya kampung KB juga untuk membangun sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas yang berangkat dari adanya pemahaman bersama bahwa membangun keluarga haruslah dimulai dengan perencanaan yang terencana dan matang.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Sugiyarto mengatakan, sejauh ini Pemkab Lamandau sudah cukup serius berupaya maksimal dalam mengimplementasikan program KB sehingga sebelum delapan desa yang kembali dicanangkan kala itu, program pencanangan Kampung KB di Lamandau sudah dilaksanakan di enam desa dari berbagai kecamatan.

"Sebelum delapan desa yang kembali dicanangkan menjadi kampung KB hari ini, pemkab juga sebelumnya telah mencanangkan enam kampung KB di enam desa," katanya.

Desa tersebut yakni Desa Perigi Raya (Kecamatan Bulik), Desa Samu Jaya (Kecamatan Lamandau), Desa Tangga Batu (Kecamatan Belantikan Raya), Desa Rimba Jaya (Kecamatan Sematu Jaya) serta Desa Hulu Jojabo di Kecamatan Delang. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru