Sabtu, 16 Desember 2017
 

 
Kapuas
 

Diare

Dinkes Berikan Tips Kepada Masyarakat Untuk Mencegah Penyakit Diare Akut

 
 

ist

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Afendi melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Tri Setiautami memberikan tips kepada masyarakat khususnya Kapuas untuk mencegah penyakit Diare.

Untuk mencegah penyakit diare, kata Tri masyarakat harus senantiasa menjaga kebersihan dan lebih menguatkan asupan nutrisi seperti mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga sanitasi, makan-makanan yang seimbang dan memperbanyak mengkonsumsi sayur serta buah-buahan.

“Beruntung kita tinggal di kabupaten kapuas yang memiliki banyak buah dan sayur. Kita tinggal kepasar dan membelinya, harganya pun juga tidak terlalu mahal,” ungkap Tri kepada Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (12/10/2017)

Selain itu, lanjut dia, untuk anak anak yang masih balita lebih di sarankannya untuk diberi asupan ASI yang cukup. "Karena selain bergizi, air asi juga sudah steril dan baik untuk anak balita. Jika memang terpaksa harus menggunakan susu formula, airnya wajib dimasak sampai mendidih. Karena untuk balita lebih rentan terhadap diare. Banyak kasus kematian juga balita karena terlambatnya penanganan dari keluarga. Kita harus sigap dan tanggap ketika ada anak atau keluarga yang terserang diare,” terangnya.

Sebagai pertolongan pertama, sambung Tri jika sampai menderita diare harus memperbanyak minum air. Air oralit menurutnya akan lebih efektif untuk menjaga cairan dalam tubuh, jika memang tidak ada masyarakat bisa menggantinya dengan air kelapa, walaupun tidak akan seoptimal oralit.

“Setelah itu, harus berobat ke fasilitas kesehatan bisa klinik ataupun puskesmas. Walaupun sering mual dan buang air besar, kita juga harus tetap terus memberikan asupan berupa makanan dan minuman. Jangan sampai beranggapan sia-sia makan dan minum karena nanti dimuntahkan,” tandasnya. (HAMDI/B-8)



BERITA POPULER

Meninggal Dunia

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top