Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu RI Peringatkan Panwaslu di Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 Oktober 2017 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Rahmad Bagja memperingatkan panitia pengawas pemilu (Panwaslu) agar tidak mudah serta-merta membidik kesalahan dan menjatuhkan vonis pelanggaran saat berlangsung Pemilu. Sebab, titik tekannya lebih mengutamakan pencegahan.

Pun penetapan sebagai bentuk pelanggaran pemilu yang dijatuhkan pada peserta, harus mengikuti tahapan yang ditentukan.

"Jangan langsung menjatuhkan vonis bersalah atau melanggar, sementara sebelumnya tidak ada kita lakukan pencegahan. Ini penting," kata Rahmad Bagja di Palangka Raya, Jumat (27/2017).

Penekanan ini mengemuka dalam sosialisasi tatap muka kepada stakeholder dan masyarakat pada pemilihan gubernur, bupati, wali kota tahun 2018. Selain dihadiri komisioner Bawaslu Kalteng, kegiatan ini menghadirkan komisioner dari kabupaten/kota khususnya yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018 pada Juni mendatang.

"Yang terpenting dalam pengawasan Pilkada 2018 mendatang, adalah kesiapan kita menghadapi pilkada tersebut. Ada tahapan yang harus dikejar untuk dilaksanakan akhir tahun ini," ujar Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi.

"Nah, terkait kesiapan pengawasan, kita sudah terbentukdi semua di kabupaten. Untuk panwascam sebagian masih belum," lanjutnya. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru