Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serahkan Alsintan, Hamdhani: Kotim Harus Jadi Sentra Pangan

  • Oleh Naco
  • 07 November 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPR RI H Hamdhani memberikan bantuan aspirasi berupa alat mesin pertanian (Alsintan) untuk petani di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), berupa traktor dan pompa air. Penyerahan dilakukan di halaman kantor Dinas Pertanian setempat, Selasa (7/11/2017) sore.

"Bantuan yang diberikan ada lima unit traktor roda empat, 22 unit hand traktor dan 10 pompa air, semoga 2018 seperti ini bisa terealisasi lagi," kata Hamdhani.

Menurut Hamdani, cetak sawah di Kotim sudah luar biasa. Apalagi di Kecamatan Kota Besi sudah mampu cetak sawah setahun tiga kali, tentu itu pencapaian yang luar biasa jika dibandingkan dengan daerah lain yang hanya setahun cuma sekali saja.

Untuk mengembangkan itu semua tinggal bagaimana meningkatkan lahan, irigasi serta menempatkan penyuluh pertanian, agar pertanian di Kotim bisa selalu meningkat bahkan ia berharap bisa menjadi sentra pangan di Kalimantan Tengah.

"Kami ingin Kotim bisa menjadi sentra pangan, apalagi sudah mencapai swasembada beras, dengan bantuan alat ini semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ucap politisi dari partai Nasdem tersebut.

Hamdhani juga meminta para petani untuk merawat alat-alat itu, agar bisa digunakan dalam jangka panjang. "Ganti olinya secara rutin, kalau kotor cuci, simpan dengan baik jangan dibiarkan sembarangan nanti cepat rusak kalau tidak dirawat dengan baik," ucapnya.

Mengingat nilai peralatan yang diberikan melalui aspirasi DPR RI itu tidak murah, seperti traktor roda empat satu unit sekitar Rp200 juta. "Kedepan kita juga akan usulkan bantuan untuk sparepaert jadi nanti ada mobil spare part keliling," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru