Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Sasar Empat Kabupaten untuk Ikut Tanam Bawang Merah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 November 2017 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) bertekad seluruh kabupaten/kota memiliki lahan tanam bawang merah. Selama ini, tidak semua daerah di Kalteng mengembangkan bawang merah.

Pada 2014 hanya tujuh kabupaten/kota dan sekarang ini berkembang menjadi 10 kabupaten/kota yang memiliki lahan tanam. Pada 2018 mendatang, ke 14 kabupaten/kota ditargetkan menanam komoditas tersebut.

'Pada 2017 ini masih 10 kabupaten yang mengembangkan. Itu karena ada bantuan pemerintah, yakni APBN. Nah tahun depan, kita upayakan semua menanam, yang tidak dapat APBN, kita slot-kan dari APBD Kalteng,' tutur Kepala Bidang Hortikultura, pada dinas tanaman pangan hortikultura dan peternakan (TPHP) Kalteng, Dewi Erawati kepada Borneonews, Kamis (16/11/2017).

Dewi menyebut, empat kabupaten yang belum menanam komoditas bawang merah adalah Kabupaten Katingan, Lamandau, Sukamara, dan Barito Selatan.

Ditanya masalah kesesuaian lahan dikhawatirkan menjadi alasan empat kabupaten tersebut, Dewi membantah apabila disebut ada masalah. Karena menurut Dewi, dengan sentuhan teknologi budidaya pertanian sudah bisa diatasi.

'Justru yang menjadi masalah adalah ketersediaan bibit. Kita masih terbatas yang menanam bawang merah sekaligus langsung menyiapkan bibit. Yang sudah siap begitu cuma dua daerah saja,'katanya. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru