Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kampung Sega Juga Kembangkan Tanaman Hidroponik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 November 2017 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain mengecat warna warni dinding luar rumah warga di bantaran Sungai Arut, masih ada hal lain yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk menciptakan Kampung Sega (Kampung Cantik).

Hal lain tersebut yakni memberdayakan masyarakat untuk bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Tahap pertama program hidroponik dimulai dari Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kobar, M Robiannur, Rabu (22/11/2017), mengungkapkan bahwa bercocok tanam dengan pola hidroponik merupakan salah satu upaya pemkab untuk menciptakan kawasan perkampungan masyarakat yang manis. Yang mana, selain dihiasi cat warna-warni, perumahan warga juga akan disejukkan dengan hijaunya tanaman sayuran hidroponik.

"Selain mempercantik tampilan perkampungan, diharapkan ke depan masyarakat juga bisa mendapatkan manfaat ekonomis dengan menanam sayuran secara hidroponik," ujarnya.

Ahyar, warga RT 01, Kelurahan Mendawai, yang sedang merakit pipa untuk tanaman hidroponik, mengaku antusias dan tertarik dengan ajakan DLH Kobar.

"Memang pengetahuan saya tentang teknik menanam secara hidroponik nasih nol. Walau demikian, pihak DLH Kobar selain memberikan dukungan peralatan dan bahan hidroponik juga pengetahuan praktis cara menanam dan merawat tanaman hidroponik ini," sebutnya. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru