Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Rendam 5 Desa di 2 Kecamatan

  • 08 Desember 2017 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Banjir merendam lima desa di dua kecamatan sejak Kamis (7/12/2017). Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Panahatan Sinaga, banjir merendam Kecamatan Kapuas Murung dan Dadahup. Terdata sebanyak lima desa di dua kecamatan itu yang terendam banjir yakni Desa Rawa Sari C3, Desa Sejahtera A7, dan Desa Telukpun Punei di Kecamatan Kapuas Murung.

"Sedangkan di Kecamatan Dadahup, yang terkena banjir Desa Dadahup dan Saka Binjai A6," kata Sinaga saat dihubungi Borneonews, Jumat (8/12/2017).

Saat ini, lanjut dia, untuk Desa Rawa Sari C3 banjir telah merendam sebagian rumah warga, bangunan sekolah dan balai desa dengan ketinggian sekitar 5-10 cm dari poros jalan desa. Korban yang terkena dampak banjir sebanyak 220 KK dengan total 750 jiwa.

"Penanganannya saat ini telah dibuat panggung untuk tetap bertahan di rumah masing-masing.Korban, sakit mau pun hilang tidak ada," kata Sinaga.

Ia melanjutkan untuk Desa Telukpun Punei banjir merendam pemukiman warga di RT 5 desa itu. Selain itu, balai desa jug aikut terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50-60 centimeter dari poros jalan umum.

"Warga yang terkena dampak banjir sekitar 130 KK atau 500 jiwa, saat ini tidak ada korban jiwa,sakit dan hilang. Kalau Desa Bina Sajahtera (A7) masih Kapuas Murung hanya merendam lahan pertanian dan jalan umum desa sekitar 30-50 cm dari permukaan tanah," ungkapnya.

Sedangkan Kecamatan Dadahup, terang dia, ada 2 desa yaitu Desa Dadahup terutama sekitar kawasan pasar jalan umum desa dan sebagian rumah warga di RT 21 dengan ketinggian banjir 30-70 cm dari permukaan jalan umum warga yang terkena dampak 760 KK 2.800 jiwa.

"Sedangkan Desa Saka Binjai (A6) ketingian mencapai 50-80 cm, hanya merendam lahan pertanian dan akses poros jalan dari permukaan tanah.

Upaya yang sudah dilakukan masyarakat dengan membangun panggung di dalam rumah.Untuk tetap bertahan,tidak ada korban jiwa,sakit mau pun hilang," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru