Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dari Modal Rp 1,9 Juta, Mampu Raup SHU Ratusan Juta Hingga Punya Aset Miliaran Rupiah

  • Oleh Naco
  • 15 Februari 2022 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Koperasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Hatantiring Menggatang Utus, Desa Luwuk Bunter, Kecamatan Cempaga merupakan satu-satunya lembaga keuangan mikro di Kalimantan.

Otto Fitriandy Kepala OJK Kalteng, menyatakan apresiasi kepada BUMDes itu,  bahwa di usia yang masih muda bisa berkembang pesat, karena hingga kini aset mereka hampir mencapai Rp 3 miliar.

Dari tahun ke tahun kata dia terus meningkat. Artinya koperasi itu berhasil perluas anggota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan anggotanya. 

"BUMDes bisa dikelola dengan cara koperasi. Bisa berikan kontribusi bagi desa," tukasnya.

Dengan adanya LKM kata dia membantu masyarakat yang belum bisa mengakses bank. Serta melepaskan masyarakat dari pinjaman online dan rentenir.

"LKM Hatantiring Menggatang Utus ini satu-satunya BUMDes yang memiliki lembaga keuangan mikro di Kalimantan ini," tukasnya.

Ketua Koperasi Glory, juga dihadapan Bupati Kotim, H Halikinnor dan Wakil Bupati Hj Irawati menyebutkan koperasi LKM mereka itubmerupakan badan usaha milik desa Luwuk Bunter berdiri 2015, dan baru ada modal 2016 yakni awal sebesar Rp 1,9 juta dengan anggota 13 orang.

Sampai kini terus meningkat dengan anggota 118 orang, hingga 2021 sudah mampu meraup SHU Rp435 juta, aset mencapai Rp 2,7 miliar serta sudah memberikan kredit sebesar Rp 3 miliar kepada nasabah.

Di mana mereka sudah membiayai sekitar 300 usaha desa tidak hanya di Kecamatan Cempaga saja, namun juga hingga ke desa di Kecamatan Kota Besi, Seranau dan Sampit dengan total 11 desa yang tergabung.

"Awalnya kita melayani nasabah di teras rumah, sekarang sampai kita punya kantor sendiri," tegasnya.


TAGS:

Berita Terbaru