Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Kasongan Panen Semangka

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Agustus 2018 - 17:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah petani semangka yang tergabung Kelompok Tani Angkatan Pertanian Dayak (Aperda) gembira bisa panen semangka, Rabu (8/8/2018).

Ditemui borneonews.co.id sejumlah petani yang membudidayakan semangka di Jalan Soekarno-Hatta Kasongan Km4 arah Tumbang Samba ini tengah memanen buah semangkanya.

Buah semangka yang ditanam kelompok tani Aperda ini jenis super tanpa biji. Rata-rata berat satu biji semangka dari kebun hasil petani Aperda ini 8 Kg.

Bahkan yang lebih besar bisa mencapai 12 kilo gram. Menurut Yudi, Anggota Kelompok Tani Aperda Kasongan, jumlah petani yang tergabung dalam kelompok tani ini sebanyak sekitar 7 orang.

Di antaranya, Tuyui, Aman, Bagas, Rio, Leni dan ia sendiri. "Terus terang kami baru kali ini bisa menanam semangka tanpa biji ini bersama teman-teman kelompok tani Aperda yang bisa dikatakan sukses, ini berkat bantuan dari Pak Warsidi yang memberitahu cara bercocok tanam semangka ini dengan benar," tuturnya.

Menurut Yudi, berkat bantuan cara bercocok yang ditularkan Warsidi ini, paling tidak mereka sekarang bisa meniru menanam tanaman holtikultura termasuk semangka ini dengan benar.

Kepada borneonews.co.id Warsidi mengaku tidak mematok bayaran dari petani lokal yang telah diajarkan budidaya tanaman holtikultura itu.

"Semuanya kita kerjakan secara iklas," tuturnya. Warsidi mengaku baru sekitar 3 tahun menetap di Kasongan.

Warga Banyuwangi, Jawa Timur ini mengatakan sejak pertama kali di Kasongan ia meminjam lahan warga Kasongan tepatnya di belakang Kantor PLN Km 6 arah Palangka Raya.

Sejak saat itu ia bercocok tanam berbagai tanaman hortikultura, seperti semangka dan melon.

Usaha bercocok berbagai macam tanaman hortikultura kemudian berkembang, dan memancing warga untuk belajar cara bercocok tanam.

"Awalnya Bapak Aman yang juga Ketua Kelompok Tani Aperda ini mendatangi kebun saya, dan dia meminta saya untuk datang ke kebunnya hingga kemudian saya menyarankan agar menanam semangka di sini," tutur Warsidi. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru