Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Katingan Keruh Jadi Penyebab Ikan Banyak Mati

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Agustus 2018 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ratusan warga pemilik keramba ikan di Kasongan mengaku resah dengan kwalitas air Sungai Katingan yang keruh saat musim kemarau ini.

Pasalnya, kondisi air yang keruh menjadi faktor utama penyebab ikan keramba di DAS Katingan itu banyak mati.

"Ya kalau kondisi air sedang banjir atau pasang memang ada saja ikan yang mati, tapi tidak sebanyak saat musim kemarau ini," tutur Ita, pemilik keramba ikan di Sungai Katingan sekitar Jembatan Sei Katingan, Rabu (15/8/2018).

Ita mengaku sejauh ini ada ratusan warga yang membudidayakan ikan keramba di daerah aliran sungai (DAS) Katingan di wilayah Kasongan, seperti di Kampung Banjar, sekitar Pelabuhan Hurung, Pelabuhan Kasongan dan sekitar Jembatan Sei Katingan.

Rata-rata pemilik keramba memiliki sedikitnya lima buah keramba dan yang paling banyak memiliki lebih dari 10 keramba. Ita sendiri mengaku mempunyai 10 kermba ikan. 

"Kami sudah cukup lama membudidayakan ikan keramba ini, yaitu jenis emas dan nila, terakhir tahun 2015 saat kemarau panjang saat itu banyak ikan punya kita dan pemilik keramba lain mati, terus musim kemarau tahun 2018 ini mulai lagi banyak ikan keramba kita mati," akunya.

Ita mengatakan pergantian musim dari penghujja ke kemarau yang menyebabkan sungai mendangkal, itu menjadi penyebab mengapa ikan di keramba banyak mati.

"Karena biasanya air mengalir lumayan deras, tapi semenjak kondisi air surut di bebeberp tempat air terlihat tenang, ditambah kondisi air bertambah keruh," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru