Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilik Keramba di Kasongan Keluhkan Harga Jual Ikan Murah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Agustus 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah pemilik keramba di Kasongan Kabupaten Katingan mengeluhkan harga jual ikan yang saat ini dihargai murah oleh pengepul.

"Sekarang ini rata-rata harga ikan keramba baik nila maupun emas cuma dihargai Rp22 ribu per kilogramnya," ujar Celang, ketua kelompok tani keramba ikan di Kasongan, Rabu (15/8/2018).

Celang mengaku, kelompok taninya berjumlah 10 orang petani atau pemilik keramba yang memiliki budidaya ikan keramba di Sungai Katingan sekitar Jembatan Sei Katingan.

Celang mengaku harga ikan keramba murah ini karena stok ikan keramba di sejumlah daerah, termasuk di Palangkaraya sedang banjir.

"Sebenarnya kalau harganya cocok ada lima keramba milik saya yang siap panen, tapi karena harganya murah kita tunda dulu sambil menunggu harganya membaik," kata Celang.

Sebenarnya, kata dia, ia sudah tidak sabar lagi memanen kelima kerambanya itu. Sebab saat ini setiap hari banyak ikan miliknya dan juga pembudidaya lainnya mati seiring menyurutnya Sungai Katingan.

"Kalau kita paksa memanen hitungannya rugi, sebab sekarang harga bibit dan pakannya juga cukup mahal," ujarnya.

Celang mengaku sebelumnya pengepul mematok harga ikan jenis nila dan emas rata-rata Rp27 ribu per kilo, namun sejak sebulan terakhir harganya anjlok menjadi hanya Rp22 ribu per kilogramnya.(ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru