Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komunitas Adat Terpencil Tidak Jalan Lantaran Lemahnya Koordinasi Lintas Instansi

  • Oleh Naco
  • 05 September 2018 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang jadi program pemerintah pusat di Kabupaten Kotawaringin Timur tidak berjalan dengan baik, lantaran lemahnya koordinasi lintas instansi.

Mulai dari Dinas Sosial sebagai leading sector, dengan instansi terkait lainnya seperti Dinas Pendidikan hingga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

”Padahal leading sector ada di Dinas Sosial. Mestinya itu dikerjakan keroyokan untuk lanjutan objek pembinaan KAT ini, seperti Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Kesehatan dan lain sebagainya," kata Sarjono, Rabu (5/9/2018)

Instansi itu punya peran masing-masing akan tetapi koordinasi sangat kurang. Dampaknya, program KAT itu tidak berjalan dengan baik.

Dia menyebutkan program pemberdayaan KAT dari pemerintah pusat itu akan sia-sia begitu saja jika tidak dilaksanakan. Masyarakat akan kembali ke hutan dengan pola kehidupan yang primitif.

Selain itu mereka akan kembali mediami hulu-hulu sungai dan hutan belantara, akibatnya kehidupan semakin tertinggal.

"Kapan mereka akan maju seperti itu, mereka akan semakin tertinggal nantinya," pungkas Politisi Partai Golkar itu. (NACO/B-11)

Berita Terbaru