Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seakan Tanpa Pengamanan, Peserta Pawai Budaya Adu Cepat dengan Kendaraan Umum

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 September 2018 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Even nasional Pawai Budaya Se-Indonesia yang berlangsung Rabu (12/9/2018) sore jauh dari kesan tertib dan memanjakan penonton.

Pasalnya, para peserta pawai budaya yang berasal dari perwakilan beberapa provinsi itu, adu cepat dengan kendaraan umum yang melintas. Kesan yang nampak, even ini ‘ tidak diamankan’ dengan baik untuk suksesnya acara.

Ya, mereka seakan tak mau kalah untuk saling berebut sebagai pengguna jalan. Padahal ada beberapa polisi yang disiagakan, bahkan di awal kafilah sudah didahului dengan mobil patwal dari polisi lalu lintas.

Dalam even ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng bagian dari kepanitiaan. Meski di sisi lain, merupakan hajatan pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI.

Masyarakat yang menonton pun akhirnya dibuat mengeluh. Sebab saat asyik melihat barisan pawai yang dominan bermobil hias itu melintas, mereka merekamnya, lalu tertutup deretan kendaraan umum yang juga melaju dengan suka hati.

“Pengaturannya tidak bagus, kalau tidak mau disebut semrawut. Harusnya ditutup atau dialihkan, ini enak-enak melihat lalu ditutup mobil dan motor yang melintas tak beraturan. Panitia tidak siap sepertinya, sayang sekali,” keluh Ani, ibu-ibu di pinggir jalan Imam Bonjol.

Untuk diketahui, Penyelenggaraan Pawai Budaya ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia, Museum Basoeki Abdullah, dan Galeri Nasional Tahun 2018. Kegiatan di pusatkan Bundaran Besar Palangka Raya sebagai titik start.

Berdasarkan peta rute yang ‘diupload’ panitia, Bundaran Depan Istana Isen Mulang sebagai titik pelepasan. Peserta pawai lalu melintas jalan Imam Bonjol - Bundaran Kecil - Jalan RTA Milono - Jalan Mangku Raya, dan berakhir di Dermaga Kereng Bengkirai.

Sedangkan peserta yang jalan kaki, hanya sampai pertigaan Jalan RTA Milono belok kanan ke Jalan Willem AS. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru