Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengunjung Wisata Air Hitam Dikenai Tarif Masuk

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 September 2018 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya, Norma Hikmah mengatakan bahwa saat ini untuk masuk ke Wisata Air Hitam di Kereng Bangkirai telah dilakukan sistem tarif masuk.

"Iya, sekarang masuk Wisata Air Hitam ada tarif masuknya. Ini merupakan upaya dari kita untuk menggali pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata," kata Norma Hikmah, Rabu (13/9/2018).

Memang menurut Norma Hikmah, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya saat ini tengah gencar meningkatkan PAD. Hal ini karena selama ini banyak sektor PAD kota yang kebobolan tidak terserap seperti sektor parkir, sektor pajak dan sektok pariwisata.

"Makanya sekarang diberlakukan tarif masuk ke obyek wisata Air Hitam yang ada di Kelurahan Kereng Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya. Tarif masuk ini diberlakukan dengan surat ketetapan wali kota Palangka Raya pada bulan Juni 2018 lalu, maka pengunjung wisata air hitam, seterusnya dikenakan tarif masuk sebesar Rp5.000 per orang," jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya ini menjelaskan, melihat animo masyarakat di sepanjang tahun 2018 ini Pemko berkeinginan tidak hanya menyerap PAD dari objek wisata ini tetapi juga merawatnya.

"Makanya pengelolaaanya tidak dilakukan sendiri, namun dilakukan oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis), dengan besaran tiket masuk dikenakan Rp5.000 per orang. Selain itu, pokdarwis juga mengatur pengelolaan parkir," terangnya.

Tarif parkir kendaraan roda dua Rp2.000 dan kendaran roda empat Rp3.000. Dari pengelolaan yang dilakukan oleh pokdarwis ini, maka semua dana yang masuk diperuntukan bagi pendapatan asli daerah (PAD). (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru