Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkembangan Ika di Budidaya Keramba dan Kolam Tidak Ada Perbedaan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 September 2018 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianor mengatakan tidak ada perbedaan signifikan antara budidaya ikan yang dilaksanakan di air sungai berupa keramba dengan di kolam air di daratan.

"Sebenarnya perkembangan budidaya ikan di keramba dan kolam itu sama saja," kata Sugianor, Minggu (16/9/2018).

Sugianor memiliki kolam ikan di sekitaran rumah. Dan ternyata sama saja perkembangannya dengan yang dilakukan melalui keramba ikan di Sungai Kahayan.

"Yang punya tempat tinggal di pinggir sungai, dia pelihara ikan di sungai. Kalau yang tinggalnya di tengah kota, masih bisa memelihara ikan di kolam. Sama saja," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini.

Dia mengatakan, jika ada ikan yang mati atau sakit pada cara budidaya metode kolam harus dicek kembali. Karena ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi, seperti jangka waktu penggantian air kolam, oksigen atau jenis makanan.

"Masalah itu mati, namanya makhluk hidup. Harus dicek kembali apa penyebabnya. Pemerintah juga kita minta lakukan terus penyuluhan dan pembinaan. Kan kita sudah ada penyuluh PNS, penyuluh kontrak dan penyuluh swadaya yang dari petani," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru