Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswi Penyebar Berita Begal Hoax Diciduk Polda Kalteng  

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 September 2018 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Seorang mahasiswi berinisial Ha (21) diciduk Polda Kalteng lantaran menyebarkan berita hoax terkait terjadinya peristiwa begal di Jalan Temanggung Tilung, Palangka Raya.

“Berita itu memperkeruh keadaan. Setelah ditelusuri, yang sebenarnya terjadi itu di luar Kalimantan,” kata Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Hendra Rochmawan kepada wartawan, Selasa (18/9/2018).

Ia menuturkan, Ha mulanya meng-capture video viral terjadinya peristiwa begal di media sosial. Kemudian, ia menyebarkan ke grup WhatsApp kampusnya sebagai alasan tidak masuk karena adik dari pacarnya dibegal di Jalan Temanggung Tilung.

Selain itu, lanjutnya, dalam grup WhatsApp, Hal juga meyakinkan kepada rekan-rekannya terkait informasi tersebut. Sehingga, banyak rekannya yang percaya hingga diimbau untuk waspada.

Selain ke grup, turut disebarkan di media sosial dengan caption terjadi begal di Jalan Temanggung Tilung. “Kemudian kami mencari. Setelah dicek, ternyata sudah lama dan terjadi di luar Kalimantan pada 2018. Saya cari sumber penyebar pertamanya dan ditemukan ternyata mahasiswi,” ungkap Hendra didampingi anggotanya.

“Jadi yang di-share itu video yang di-capture kemudian diberi caption terjadi di Temanggung Tilung. Padahal itu di luar Kalimantan,” imbuhnya.

Hendra menegaskan, Hal dapat diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku terkait penyebaran berita hoax. Untungnya, pihaknya masih memberikan toleransi.

“Untung polisi masih baik hati. Jadi kita akan lakukan pembinaan. Namun, kalau nanti dalam pengawasan kami ditemukan kembali menyebarkan hoax, mohon maaf tidak ada ampun lagi (akan diproses hukum),” tegas Hendra.

Penyampaian Hendra terhadap awak media itu juga didengarkan langsung oleh salah satu dosen Ha dan Kabag Humas Protokol Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP), Misyanto. Misyanto membenarkan bahwa Hal mahasiswi universitas setempat.

“Kami sudah berbicara dengan pimpinan dan akan dilakukan pembinaan. Kami juga ada layanan konseling dan kita akan jadwalkan dengan humas Polda Kalteng,” ucap Misyanto.

Berita Terbaru