Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menampung Air Hujan untuk Solusi Air Bersih

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Oktober 2018 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kegiatan pembuatan Bangunan Pemanen Air Hujan dan Biopori pada empat sekolah di Palangka Raya sebagai percontohan adalah gerakan menampung air hujan untuk solusi air bersih.

"Pembuatan bangunan pemanenan air hujan dan biopori bertujuan untuk meningkatkan dan menggugah kesadaran para generasi muda akan pentingnya air bagi kehidupan mengingat tingginya tingkat penurunan muka air tanah saat ini akibat pengambilan air tanah yang berlebih dan diikuti dengan rendahnya daya serap permukaan tanah terhadap air hujan," kata Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Kalteng, Fery Moun Hepy mewakili Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Dwi Dewantoro, Senin (1/10/2018).

Untuk mengatasi permasalah tersebut maka dibuatlah suatu tindakan Pembuatan Pemanen Air Hujan yang berfungsi untuk menampung air hujan ke suatu wadah.

"Tujuan menampung air hujan ini ialah untuk meningkatkan persediaan air bersih tanpa mengambil air tanah secara berlebihan, serta pembuatan Biopori atau dapat disebut juga dengan lubang resapan air yang berfungsi untuk mempercepat penyerapan genangan air di permukaan tanah dan meningkatkan daya resap air pada tanah," tuturnya.

Pada kesempatan kali ini, Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) juga melaksanakan pembersihan sungai yang bertujuan untuk menjaga keberadaan sumber-sumber air pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

"Dengan demikian, sangat diperlukan peran serta dari masyarakat dan juga tindakan nyata dari masing-masing sektor yang terkait secara terpadu," tuturnya.

Sebelumnya Asisten II Sekda Kota Palangka Raya Bidang Ekonomi dan Kesra, Ikhwansyah saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam kegiatan tersebut mengajak semua yang hadir di sini untuk turut serta menjaga kelestarian alam.

"Saya mengajak semua yang hadir di sini untuk turut serta menjaga kelestarian alam demi terjaga dan terpeliharanya sumber air di bumi mulai dari diri kita dengan hal yang paling sederhana yaitu tidak membuang sampah secara sembarangan dan mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan kita," imbaunya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru