Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Pansus IV Paparkan Hasil Pembahasan Raperda Tata Tertib DPRD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Oktober 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto memaparkan hasil pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang tata tertib DPRD. Isinya, banyak yang diperbaharui namun tidak tidak terlalu signifikan.

"Ketentuan alat kelengkapan DPRD, komisi-komisi, gabungan Fraksi-fraksi, Bapemperda, dan pengambilan keputusan yang mengatur rapat paripurna semuanya ada dalam tata tertib," kata Riduanto dalam rapat paripurna DPRD Masa Sidang III Tahun Sidang 2018, Selasa (9/10/2018).

Dalam tatib yang baru juga, lanjut Riduanto kepada Borneonews, mengatur tata cara penggunaan pakaian anggota DPRD, baik saat mengikuti rapat paripurna, kunjungan ke lapangan, maupun acara tertentu. 

Selanjutnya dalam tatib juga mengatur pelaksanaan perjalanan dinas yang berdasarkan sifat perjalanan dinas seperti kunker dan studi banding, studi kasus, ataupun perjalanan dinas berdasarkan undangan.

"Selain itu, tatib juga memuat sistem alat pendukung dan kelengkapan DPRD dalam mendukung kelancaran tugas dan wewenang DPRD. Dalam penyusunan raperda ini, pihak Sekwan telah melakukan perbaikan hasil pembahasan berdasarkan referensi yang di dapat. Kemudian oleh pansus dibahas kembali, dan pada paripurna hari ini kami sampaikan hasil dari pembahasan raperda tatib ini," kata Politisi PDI Perjuangan ini lagi.

Secara keseluruhan, tambah Riduanto, dalam pendapat akhir fraksi dan semua unsur komisi di DPRD Palangka Raya dapat menerima dan menyetujui hasil pembahasan pansus IV tentang tatib tersebut.

Hal ini juga ditegaskan Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto yang memimpin langsung rapat paripurna tersebut.

"Ini kan seluruh Indonesia serentak. Jadi seluruh Indonesia ini diharuskan melakukan perubahan tata tertib karena ini amanah dari Peraturan Presiden. Kita diamanahkan lalu kita mencari referensi yang baik, yang memang kita ambil contoh-contoh referensi yang baik kita ambil dan terapkan dalam rangka mewujudkan kemajuan Indonesia yang baik melalui DPRD Kota Palangka Raya," kata Sigit. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru