Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPPN Sampit Gelar Deklarasi Forum Komunikasi dan Koordinasi Keuangan Negara

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Oktober 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sampit menggelar deklarasi pembangunan forum komunikasi dan koordinasi keuangan negara (Forkomdikara) bersama pemerintah daerah dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan komunikasi, koordinasi, serta sharing informasi terkait pengelolaan keuangan negara.

"Deklarasi ini kami lakukan untuk meningkatkan komunikasi antar stake holder pengelola keuangan negara, dalam hal ini pengelola Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) dan juga Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di Kotim ini," ujar Kepala KPPN Sampit Budi Lesmana, Selasa (16/10/2018). 

Selain peningkatan koordinasi, pembentukan forkomdikara juga bertujuan untuk penguatan kelembagaan, tugas dan fungsi forkomdikara. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pelaporan keuangan ataupun hal lainnya. 

Tidak hanya itu, forkomdikara juga akan mendukung tugas pelayananan, penyediaan informasi publik terkait keuangan negara. Bahkan juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait keuangan negara.

"Sehingga nanatinya masyarakat bisa melihat berapa saja APBN yang didapat Kotim setiap tahunnya, dan juga keuangan dari APBD daerah ini," ungkap Budi. 

Dengan adanya keterbukaan tersebut, masyarakat akhirnya bisa melihat langsung berapa besaran dana anggaran dan digunakan untuk pembangunan infrastruktur apa saja di daerah ini. 

Sehingga masyarakat bisa menjaga pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Dan itu bertujuan agar tidak adalagi pengrusakan infrastruktur yang dibangun pemerintah, karena masyarakat juga memeliharanya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru