Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Replanting Diharapkan Jadi Contoh untuk Petani Sematu Jaya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 November 2018 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Camat Sematu Jaya, Turmudi, berharap agar program replanting yang diresmikan Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, dapat dijadikan percontohan untuk petani kelapa sawit di Kecamatan sematu Jaya.

Dia juga ingin, agar petani tidak bingung dan was-was saat akan melakukan replanting terhadap lahan perkebunan kelapa sawit yang sudah tidak produktif.

Hal tersebut dikatakan Turmudi saat menyampaikan laporan pada acara kunjungan kerja Bupati Lamandau di Desa Purwareja, Kecamatan Sematu Jaya, Kamis (8/11/2018).

Turmudi mengatakan, sering mendapat informasi perihal adanya petani yang bingung menyikapi lahan perkebunannya tidak produktif. Karena sudah waktunya replanting. Di sisi lain, petani mengaku tidak sanggup jika harus menyiapkan modal besar untuk replanting

"Artinya, pola replanting yang diresmikan pak Bupati ini tentu saja bisa menjadi contoh bagi petani lain, untuk menyiasati agar replanting bisa segera dilakukan meski tidak punya modal. Karena pola replanting dilakukan dalam bentuk kemitraan," katanya. 

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Pertanian Lamandau H Sunarto, kebun swadaya eks plasma perusahaan dengan luasan sekitar 728,15 hektare yang replantingnya diresmikan Bupati Lamandau itu dilakukan melalui pola kemitraan antara petani melalui tiga Koperasi Unit Desa (KUD) dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (DPDPKS) Lamandau. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru