Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Personel TNI dan Siswa SMK Finish Pertama di Lomba Lari Pangkalan Bun 10 K

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 November 2018 - 09:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekitar 32 menit usai dilepas secara resmi oleh Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah, di Bundaran Pancasila, Pangkalan Bun Minggu (11/11/2018) pagi, Praka Irmansyah yang bertugas di Kodam XII Tanjung Pura menjadi peserta Lomba Lari Pangkalan Bun 10 K yang masuk finish pertama kategori putra.

Ia merupakan satu dari sekitar 850 peserta lomba lari 10 km yang digelar dalam rangka HUT ke 59 Kabupaten Kobar dan peringatan Hari Pahlawan ke 73. 

Beberapa saat kemudian tibalah Rita Purnama Sari, siswi kelas X SMKN 1 Seruyan yang menjadi peserta finish pertama kategori pelari putri.

Walau dengan nafas ngos-ngosan, mereka terlihat sangat gembira usai menyelesaikan lomba dengan rute start dan finish di Bundaran Pancasila-Jalan Iskandar-Jalan Sutan Syahrir-Jalan Hasanuddin-Jalan Diponegoro-Jalan Kawitan-Jalan Malijo-Jalan Salak dan kembali ke Bundaran Pancasila.

"Rutenya sangat menantang lantaran kondisi medan turun naik. Kemarin saya baru mengikuti lomba lari di Lombok NTB dengan medan yang sama menantangnya," jelas Irmansyah. Menurutnya, agar bisa menyelesaikan lomba dengan baik tentunya harus dibarengi dengan latihan.

"Terutama untuk menjaga stamina dan kecepatan. Karena di militer saya juga mengikuti latihan cross country yaitu lari membawa beban dan senjata. Tujuannya untuk melatih stamina. Kemudian saya juga melatih stamina dan kecepatan dengan latihan lari marathon. Karena terlatih, maka kita bisa mengatur nafas agar tetap bisa melanjutkan lari," jelasnya.

Di tempat yang sama Rita Purnama Sari kemudian memceritakan bagaimana upayanya untuk bisa menjadi peserta pertama kategori pelari putri yang masuk finish.

"Untuk mencapai hal tersebut intinya adalah latihan. Karena dalam lomba lari salah satu yang perlu diperhatikan adalah pengaturan nafas," ujarnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru